5 Pencegahan Rugi Dan Ide Bisnis Makanan & Minuman Ramah Bisnis Untuk 2022

Bisnis kuliner diketahui berubah sangat cepat. Dalam beberapa bulan, atau bahkan berminggu-minggu, makanan dan minuman viral mungkin tiba-tiba kehilangan minat dan tidak lagi populer. Jika Anda seorang pengusaha di industri kuliner, perubahan tren seperti ini justru bisa merugikan.

Namun, ada juga makanan dan minuman di sektor kuliner yang tidak terpengaruh tren. Tren di sekitar Anda berubah dan penjualan mengalami pasang surut, tetapi jenis makanan dan minuman ini masih memiliki banyak penggemar.

Jadi, jika Anda sedang memulai bisnis kuliner atau ingin mengembangkan bisnis Anda saat ini, Anda harus membaca artikel ini. Karena Anda bisa mendapat untung besar dengan melihat makanan dan minuman seperti apa yang selalu dicari pelanggan Anda.

1. Kopi

Kekerasan kopi sudah terbukti sebagai minuman yang tahan terhadap perubahan zaman. Kopi yang pada awalnya hanya dikonsumsi oleh lansia saat tidur, telah mengalami perubahan besar di Indonesia sejak tahun 2000-an. Kopi kini telah menjadi salah satu minuman yang paling digemari di kalangan anak muda, terutama yang tinggal di perkotaan.

Terinspirasi oleh merek kopi siap minum seperti Starbucks, kopi modern hadir dalam banyak variasi. Dari kopi susu yang terkenal hingga kopi dengan rasa yang berbeda dengan mencampurkan berbagai bahan.

Selain perubahan budaya dan dampak globalisasi, kopi memiliki potensi besar di pasar Indonesia. Karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Hal ini memudahkan untuk mendapatkan kopi yang enak dan dapat dijadikan sebagai tempat untuk mempromosikan masakan Indonesia.

2. Makanan dan Minuman Sehat

Makanan dan minuman telah menjadi perhatian utama konsumen dalam beberapa tahun terakhir. Terutama mereka yang menyadari pentingnya hidup sehat. Makanan dan minuman tidak lagi dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga. Nilai kesehatan juga harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

Sejak pandemi COVID-19 dimulai dua tahun lalu, kesadaran akan hidup sehat semakin meningkat. Selain membuat masyarakat semakin sadar akan kebersihan diri, pandemi juga membuat masyarakat semakin sadar akan apa yang mereka konsumsi.

Akibatnya, pasar makanan kesehatan juga telah terbuka secara signifikan selama dua tahun terakhir. Mengingat pandemi masih berlangsung dan semakin banyak orang memilih untuk hidup lebih sehat, tren makanan dan minuman sehat ini diperkirakan akan terus meningkat di masa mendatang.

3. Makanan Beku Buatan Sendiri

Masyarakat yang semakin kompleks juga mempengaruhi pasar makanan cepat saji. Saat waktu memasak berkurang, orang lebih memilih penyajian yang cepat dan mudah dimakan.

Namun seperti yang Anda ketahui, makanan beku atau fast food yang mengandung makanan beku memiliki reputasi yang buruk di masyarakat. Makanan ini biasanya dibuat tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi. Ada banyak aditif yang membuatnya kurang bergizi tetapi tinggi kalori.

Namun, sangat sulit untuk menghilangkan makanan beku dari kehidupan sibuk orang modern. Jadi ada inovasi seperti makanan beku buatan sendiri yang disiapkan secara tradisional dengan bahan-bahan yang menjamin kesegaran lebih. Tidak seperti makanan beku yang diproses secara industri, makanan beku buatan sendiri biasanya menggunakan sedikit atau tanpa bahan kimia tambahan. Oleh karena itu, makanan beku buatan sendiri umumnya lebih sehat daripada makanan beku buatan pabrik.

4. Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka makanan ringan? Mereka sering terjebak di rumah, terutama karena mereka perlu mengurangi waktu perjalanan mereka. Untuk itulah, jajanan bisa dianggap sebagai ide bisnis yang menarik.

Tidak hanya ini. Bisnis ini sebenarnya bisa dimulai dengan modal kecil. Pasalnya, pada umumnya jajanan di pasaran bisa dibuat dengan bahan yang sederhana. Selama Anda kreatif dan tidak ketinggalan persaingan dengan membuat produk Anda menonjol, camilan murah bisa membuat Anda ketagihan berkali-kali!

5. Permen

Dessert dapat diartikan sebagai makanan penutup atau dessert. Hal ini dikarenakan jenis makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup untuk hidangan utama. Ada berbagai bentuk. Itu bisa berupa buah, kue, atau sesuatu yang dingin. Namun, akhir-akhir ini, makanan penutup dapat disajikan sebagai makanan terpisah daripada di bungkus menu.

Mengingat banyaknya pecinta makanan, Candy merupakan salah satu perusahaan yang berpotensi menghadirkan almari. Salah satu dessert yang paling laris saat ini adalah gelato, atau sering disebut es krim Italia.

Potensi keuntungan besar dari gelato

Meski memiliki kesamaan, gelato dan es krim memiliki banyak perbedaan. Karena gelato dibuat dengan susu, rendah lemak, dan bahan-bahan yang lebih alami, gelato sering dinilai sebagai alternatif yang sehat untuk es krim biasa. Secara tekstur, gelato lebih lembut dan memiliki rasa yang lebih intens di mulut.

Selain rasa, gelato dan es krim memiliki pangsa pasar yang berbeda. Jika es krim disamakan dengan anak kecil, gelato cenderung dijual kepada anak muda yang ingin mencoba hal baru. Jadi, toko gelato dan gelato di Indonesia bereksperimen dengan banyak rasa baru dan unik. Dikatakan rasa durian, mangga dan buah-buahan tropis lainnya tidak ditemukan di Italia.

Tertarik untuk memulai bisnis gelato?

Membuat gelato tidak semudah yang Anda kira, jadi tunggu dulu. Gelato yang baik diproduksi dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan diproses dengan baik. Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat gelato seperti orang Italia sejati, memilih bahan berkualitas tinggi atau peralatan yang tepat.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa memiliki bisnis gelato. Dengan Velluto Gelato, Anda dapat menjadi bagian dari Premium No.1. Juara 1 se-Indonesia.

Belluto saat ini menawarkan program franchise bagi mereka yang ingin bisnis gelatonya lebih mudah dan murah. Semua produk, peralatan pendukung, material, bahkan materi promosi disediakan oleh Belluto dan dapat dijual langsung. Anda mendapatkan banyak manfaat lain seperti dukungan penuh dari tim Velluto, termasuk konsultasi di tempat dan pelatihan staf.

Pelajari lebih lanjut tentang program waralaba Belluto Gelato. Hubungi tim Velluto Gelato hari ini di www.vellutogelato.com atau melalui Telemarketing Velluto Gelato untuk mendapatkan penawaran terbaik di awal tahun. (*)