Harap Perhatikan 4 Langkah Berikut Sebelum Menginstal Aplikasi Android

Google Play Store, platform penyedia aplikasi, memberikan kemudahan bagi pengguna Android untuk mengunduh aplikasi, tanpa perlu mengunduh aplikasi dari mana pun. Namun, beberapa aplikasi di Play Store mungkin mengandung virus dan malware.

Play Store adalah aplikasi resmi untuk pengguna perangkat Android, tetapi tidak ada jaminan bahwa semua aplikasi akan bebas virus.

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh peretas untuk meretas perangkat dan mencuri kata sandi dan data keuangan pengguna.

Terkait hal tersebut, pakar cybersecurity NordVPN Adrianus Warmenhoven mengutip dari The Sun Selasa (13/9-2022) beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan pengguna ponsel Android saat mencoba mengunduh aplikasi dari Play Store.

Periksa ulasan pengguna

Ini adalah langkah paling umum yang dilakukan seseorang saat mencoba membeli item atau mengunduh aplikasi Android. Ini karena ulasan dari orang-orang yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi diunggah.

Pengguna dapat melihat ulasan yang dikirimkan oleh pengguna aplikasi di bagian bawah detail aplikasi di Play Store. Umpan balik dari orang-orang yang telah menggunakan aplikasi Anda dapat membantu pengguna berpikir ketika mereka mengunduh aplikasi.

Langkah kedua, pengguna dapat memeriksa jumlah unduhan untuk melihat berapa kali aplikasi diunduh. Namun, ini bukan metode yang dapat diandalkan.

Warmenhaus mengatakan dalam pergerakannya, scammer terkadang memanipulasi jumlah unduhan aplikasi. Jadi, pengguna harus mewaspadai tanda-tanda mencurigakan jika aplikasi mengklaim telah mengumpulkan jutaan unduhan, meskipun baru berumur beberapa hari.

Biasanya, penjahat dunia maya memanipulasi jumlah unduhan aplikasi untuk menunjukkan bahwa aplikasi yang mereka jalankan sangat populer dan banyak digunakan oleh orang lain. Namun, karena ini hanya umpan, pengguna cenderung mengunduh aplikasi.

Pengembang aplikasi harus memberikan detail dalam deskripsi aplikasi tentang apa yang dibutuhkan aplikasi agar berfungsi dengan baik di perangkat pengguna.

Sebelum mengunduh aplikasi, pengguna dapat terlebih dahulu membaca deskripsi yang diperlukan untuk meluncurkan aplikasi. Misalnya, media sosial memerlukan fitur kamera dan lokasi, sehingga pengguna harus menyetujui akses ini agar aplikasi berfungsi dengan baik.

Jika ada detail yang tidak Anda pahami, itu bisa menjadi tanda yang menghalangi pengguna untuk menginstal aplikasi Anda.

Warmenhoven mendorong pengguna Android untuk menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) saat memasang aplikasi di ponsel mereka untuk memastikan prosesnya berjalan dengan aman.

Pada dasarnya, 3 langkah pertama adalah proses penemuan yang terjadi sebelum menginstal aplikasi. Namun, selain tiga langkah di atas, pengguna juga dapat memeriksa platform lain untuk melihat apakah mereka ingin menginstal aplikasi.

Langkah lain yang mungkin Anda ketahui melalui deskripsi aplikasi di Google Play Store adalah nama pengembang. Untuk melakukan pencarian, pengguna dapat mengunjungi akun pengembang aplikasi untuk melihat aplikasi lain yang diunggah.

Di sini, pengguna juga dapat melihat komentar atau keluhan pengguna lain tentang aplikasi yang diunggah oleh pengembang.

Baca Juga: